Kemampuan Menulis Teks Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP

Julia K. Rembet, Thomas M. Senduk, Selviane E. Mumu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranoyapo dalam menulis teks narasi ekspositoris. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Bahasa Indonesia dan siswa yang ada di kelas VII SMP Negeri 1 Ranoyapo menunjukan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memiliki kemampuan menulis teks narasi yang baik, entah itu dikarenakan tidak memiliki penguasaan kosakata yang baik atau tidak memiliki minat membaca sehingga memnyebabkan peserta didik tidak dapat mengekspresikan atau menuangkan ide atau gagasannya dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes menulis dan wawancara. Subjek penelitian ini ialah siswa VII SMP Negeri 1 Ranoyapo dengan jumlah 20 siswa. Berdasarkan data siswa untuk struktur teks dan kaidah kebahasaan, nilai siswa jika dijumlahkan secara keseluruhan 1.590, jika jumlah ini dibagi jumlah siswa sebanyak 20 orang, maka nilai rata-rata klasikal siswa adalah 79.50%. Dari hasil analisis siswa dapat dilihat bahwa kemampuan menulis teks narasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranoyapo berbeda-beda. Dari 20 siswa, kemampuan mereka diukur dalam empat pilihan yaitu, yang berada di rentang atau kriteria sangat mampu berjumlah 5 siswa dengan persentase nilai 25%, yang berada di rentang atau kriteria mampu berjumlah 8 siswa dengan persentase nilai 40%, yang berada di rentang atau kriteria cukup mampu berjumlah 2 siswa dengan persentase nilai 10%.

Full Text:

PDF

References


Ali, 1987:184. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategis. Bandung: Angkasa.

Keraf, 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Pramedia Pustaka Utama

Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Tumbelaka, Sepang, & Pangemanan (2014) Kemampuan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Poigar. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni - Kompetensi Vol 2, No 4 (2014) http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=300440

Ruru, Palealu, & Mumu (2014) Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi dengan menggunakan Model Peta Pikiran Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tondano. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni - Kompetensi Vol 2, No 4 (2014) http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=300558

Turang, Ratu, & Wengkang (2014) Pembelajaran Menulis Narasi dengan menggunakan Model Picture and Picture Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni - Kompetensi Vol 2, No 2 (2014) http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=300345

Panese, Hiariej, & Meruntu (2013) Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri I Siau Barat Selatan. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni - Kompetensi Vol 1, No 3 (2013) http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=300310




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2786

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2786.g1537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.