Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Teks Eksposisi Siswa Kelas IX SMA

Juliati Ega Rawis, Thomas M. Senduk, Selvie S. D. Torar

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa kelas SMA Kristen Pontak dalam mengidentifikasi struktur isi teks eksposisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X SMA Kristen dalam mengidentifikasi struktur teks eksposisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kristen Pontak kelas X yang berjumal 20 orang, semester ganjil 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus persentase dengan aspek penilaian : 1) mengidentifikasi dan menuliskan paragraf/kalimat idiberikan; 3) mengidentifikasi paragraf/kalimat yang mengandung penegasan ulang dalam teks eksposisi yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti di dalam kelas, pembelajaran ini berdampak baik dan diikuti siswa dengan cukup baik. Hal ini sesuai dengan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi teks eksposisi. Secara persentase, rata-rata nilai yang diperoleh seluruh siswa dalam kegiatan mengidentifikasi struktur teks eksposisi adalah 78,25%, ini berarti hasil yang diharapkan yaitu 75 sebagai kriteria ketuntasan siswa sudah tercapai, sehingga kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur teks eksposisi dapat dikategorikan cukup mampu.

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. (1991). Bahasa Indonesia I. Jakarta: Depdikbud.

Nasucha, Yakub, dkk. 2009. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta : Media Perkasa.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Surakhmat, W. 1987. Metodologi Penelitian. Bandung : Angkasa.

Ali, M. 1987. Metodologi Penelitian. Jakarta : Pustaka Utama.

Wuisang, J., Wengkang T., & Polii I. J., 2020. Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembentuk Iklan dalam Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano. Jurnal Bahtra - Volume 1, Nomor 2, Desember 2020. Bahasa Indonesia. http://ejournal.unima.ac.id/index.php/bahtra/article/view/2537/1461.

Ponto, S. L., Paath, R., & Ratu, D. M., (2014). Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Ekspositori dengan menggunakan Strategi (Kwl) Know-What- Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Elfatah Manado. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni – Kompetensi Vol 1, No 2 (2013): Bahasa Indonesia.

Esnali, Wengkang, T., & Wantania, T, 2014. Kemampuan Menentukan Fakta dan Opini Melalui Media Koran Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Banggai Selatan. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni – Kompetensi Vol 1, No 3 2013: Bahasa Indonesia.

Lapaere, D. R., Pesik, Nikolas., Mandang, Olga, 2014. Keterampilan Menulis Paragraf Eksposisi dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa KelasX SMA Negeri 1 Kakas. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni - Kompetensi Vol 2, No 3 (2014) : Bahasa Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2783

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2783.g1534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.