Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Siswa Kelas VII SMP

Olviani Majesti Karame, Elvie A. Sepang, Susana Monoarfa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) siswa kelas VII SMP Anugrah Tondano. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus perhitungan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menggunakan Model Pembelajaran TTW, hasil yang dicapai siswa adalah 67,5% tergolong tidak mampu. Setelah Model Pembelajaran TTW dilaksanakan ternyata hasil belajar siswa khususnya menulis karangan narasi mendapat nilai rata-rata 81,2% tergolong mampu. Berdasarkan hasil yang diperoleh ini, terbukti bahwa siswa kelas VII SMP Anugrah Tondano mampu dalam menulis karangan narasi jenis sugestif dengan menggunakan model pembelajaran TTW.

Full Text:

PDF

References


Jacob M. ,Ratu D. , &Modi B (2014). Languange, Linguistic, Communication & Media.Arts and Humanities, Vol. 2 No 4.

Keraf, Gorys. 1981: 136. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.

Mauru N. ,Mandang F. &Palar W (2015). Languange, Linguistic, Communication & Media. Arts and Humanities, Vol. 3 No 2.

Muheling D. ,Paat R. , &Monoarfa S (2015). Languange, Linguistic, Communication & Media.Arts and Humanities, Vol. 3, No 1.

Nurchasanah Dan Widodo, 1993:2 KeterampilanBerbahasa Indonesia

Panese M. ,Hiariej N. , &Meruntu O (2013). Languange, Linguistic, Communication & Media.Arts and Humanities, Vol. 1 No 3.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif danR&D. Bandung : Alfabeta.

SuparnodanMohamadYunus.2008. KeterampilanDasarMenulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. MenulissebagaiSuatuKeterampilanBerbahasa. Bandung: PenerbitAngkasa.

Winataputra.1996. TeoriBelajardan Model Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2782

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2782.g1533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.