Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk alih kode bahasa siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 9 Halmahera Timur, (2) mendeskripsikan tujuan siswa beralih kode dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 9 Halmahera Timur, (3) mendeskripsikan dampak alih kode guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 9 Halmahera Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Halmahera Timur, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan b (1) Jenis Alih Kode Bahasa Tobelo dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 9 Halmahera Timur menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Tobelo. (2) Tujuan Guru Beralih Kode bahasa Tobelo dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mengimbangi kemampuan bahasa siswa, (3) Dampak alih kode bahasa Tobelo dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat dua dampak, Dampak pertama positif terjadinya alih kode tersebut yaitu dalam proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan lancar, yakni adanya pemahaman antara siswa dan guru mengenai materi yang dijelaskan guru di depan kelas, Dampak kedua negatif terjadinya alih kode dalam proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia tersebut yaitu rusaknya tatanan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
References
Chaer, Abdul, 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan Asim, 2010. Pengantar Penelitian Linguistik. Jakarta: PKK Depdiknas.
Hudson Richard, 1996. Sociolinguistics-Second edion. Cambridge Cambridge: Cambridge University Press.
Nugroho Adi, 2015. Alih Kode dan Campur Kode pada Komunikasi Guru-Siswa di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten-Skripsi.
Sitorus, 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Soenjono Dardjowidjojo, 2012. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugono Dendi, 2009. Mahir Berbahasa Indonesia Dengan Baik dan Benar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sumarsono, 2007. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda Lembaga Studi Agama, Budaya dan Perdamaian.