Kemampuan Menyimak Teks Cerita Fantasi Melalui Media Film pada Siswa Kelas VII SMP Kristen Tomohon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyimak teks cerita fantasi melalui media film pada siswa kelas VII SMP Kristen Tomohon. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kristen Tomohon yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah (1) Observasi dan (2) Tes.Aspek-aspek yang dinilai adalah Orientasi, Konflik, resolusi, dan ending. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menyimak secara intensif teks cerita fantasi melalui media film pada siswa kelas VII SMP Kristen Tomohon, nilai rata-rata dari setiap aspek sebagai berikut: Orientasi 81,81%, Konflik 80,90%, Resolusi 93,63%, Ending 91,36%. Nilai rata-rata keseluruhan aspek penilaian adalah 86,22 % yang berada pada rentang 80%-90%, ini menunjukan bahwa siswa kelas VII SMP Kristen Tomohon mampu dalam menyimak teks cerita fantasi.
Full Text:
PDFReferences
Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Azhar, Arsyad. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali
Henry Guntur Tarigan. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
Usman, Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v1i2.2535
DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v1i2.2535.g1459
Refbacks
- There are currently no refbacks.