Kemampuan Menyimak Teks Cerita Fantasi Melalui Media Film pada Siswa Kelas VII SMP Kristen Tomohon

Cristian Archenta Motulo, Viktory Nicodemus Joufree Rotty, Theresye Wantania

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyimak teks cerita fantasi melalui media film pada siswa kelas VII SMP Kristen Tomohon. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kristen Tomohon yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah (1) Observasi dan (2) Tes.Aspek-aspek yang dinilai adalah Orientasi, Konflik, resolusi, dan ending. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menyimak secara intensif teks cerita fantasi melalui media film pada siswa kelas VII SMP Kristen Tomohon, nilai rata-rata dari setiap aspek sebagai berikut: Orientasi 81,81%, Konflik 80,90%, Resolusi 93,63%, Ending 91,36%. Nilai rata-rata keseluruhan aspek penilaian adalah 86,22 % yang berada pada rentang 80%-90%, ini menunjukan bahwa siswa kelas VII SMP Kristen Tomohon mampu dalam menyimak teks cerita fantasi.

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Azhar, Arsyad. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali

Henry Guntur Tarigan. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Usman, Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v1i2.2535

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v1i2.2535.g1459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.