Hubungan Motivasi Belajar, Bimbingan Akademik dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Oldie Stevie Meruntu

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado dan (2) mengetahui hubungan antara bimbingan akademik dengan  prestasi  akademik  mahasiswa  Jurusan  Pendidikan  Bahasa  dan  Sastra  Indonesia, Fakultas  Bahasa  dan  Seni  Universitas  Negeri  Manado.  Metode  yang  digunakan  dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester III, V, dan VII yang berjumlah 420 orang, sedangkan sampel penelitian berjumlah 41 mahasiswa, yang diambil secara acak dari setiap semester tersebut. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif  antara  motivasi  belajar  dengan  prestasi  akademik  mahasiswa  Jurusan  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka korelasi yang diperoleh dari kedua variabel ini sebesar 2,063. Dari hasil pengujian tampak bahwa r hitung 2,063 lebih besar dari r tabel 0,308. Dengan demikian, korelasinya signifikan. (2) Terdapat hubungan yang positif antara bimbingan akademik dengan prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Mamando. Hasil menunjukkan hubungan yang sangat positif antara motivasi belajar dengan prestasi akademik menunjukkan angka 2,27.  Jika dihubungkan dengan r tabel sebesar 0,308, sedangkan r hitung adalah 2,27. Tampak bahwa r hitung lebih besar dari r tabel, sehingga hubungannya signifikan.


Kata Kunci: Hubungan, Motivasi Belajar, Bimbingan Akademik, Prestasi Akademik


Full Text:

PDF

References


Djamarah, SB. 2002. Psikologi Belajar. Cetakan I. Jakarta : PT Rineke Cipta..

Kartadinata, S, Kemandirian Belajar dan Orientasi Nilai Mahasiswa. Bandung: PPS, 2001. Majid M. 2013. Strategi Pembelajaran: Jakarta: Grafindo.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : PT Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v1i1.2184

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v1i1.2184.g1362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.