Hubungan Motivasi Belajar, Bimbingan Akademik dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado dan (2) mengetahui hubungan antara bimbingan akademik dengan prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester III, V, dan VII yang berjumlah 420 orang, sedangkan sampel penelitian berjumlah 41 mahasiswa, yang diambil secara acak dari setiap semester tersebut. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka korelasi yang diperoleh dari kedua variabel ini sebesar 2,063. Dari hasil pengujian tampak bahwa r hitung 2,063 lebih besar dari r tabel 0,308. Dengan demikian, korelasinya signifikan. (2) Terdapat hubungan yang positif antara bimbingan akademik dengan prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Mamando. Hasil menunjukkan hubungan yang sangat positif antara motivasi belajar dengan prestasi akademik menunjukkan angka 2,27. Jika dihubungkan dengan r tabel sebesar 0,308, sedangkan r hitung adalah 2,27. Tampak bahwa r hitung lebih besar dari r tabel, sehingga hubungannya signifikan.
Kata Kunci: Hubungan, Motivasi Belajar, Bimbingan Akademik, Prestasi Akademik
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, SB. 2002. Psikologi Belajar. Cetakan I. Jakarta : PT Rineke Cipta..
Kartadinata, S, Kemandirian Belajar dan Orientasi Nilai Mahasiswa. Bandung: PPS, 2001. Majid M. 2013. Strategi Pembelajaran: Jakarta: Grafindo.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : PT Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v1i1.2184
DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v1i1.2184.g1362
Refbacks
- There are currently no refbacks.