PELATIHAN PERANCANGAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ALAM DAN LINGKUNGAN BAGI GURU-GURU FISIKA DI KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Patricia Mardiana Silangen(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Ilmu Fisika adalah mata pelajaran dalam rumpun Sains yang bertujuan agar siswa mampu memahami fenomena alam dalam hubungannya dengan konsep-konsep fisika serta mampu menerapkan konsep fisika tersebut untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari secara ilmiah, sehingga dengan belajar Fisika diharapkan siswa memiliki kemampuan berpikir dan bertindak berdasarkan pengetahuan Fisika yang dimilikinya. Guru memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi, melatih keterampilan dan membimbing belajar siswa untuk itu para guru dituntut memiliki kualifikasi dan kompetensi tertentu agar proses belajar dan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efesiensi. Berbagai upaya dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bertujuan menciptakan pembelajaran fisika yang lebih menyenangkan dan menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna (meaning learning). Pendekatan ini dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai macam strategi di dalamnya, salah satunya dengan melaksanakan pembelajaran fisika berbasis alam dan lingkungan sekitar. Kabupaten kepulauan Sangihe adalah suatu daerah dengan keadaan alam lingkungan yang mempesona yang terdiri dari daerah perairan (laut), pegunungan dan dataran (pesisir, pedesaan, perkotaan) dengan berbagai fenomena alam dan keadaan masyarakat yang sangat berpotensi dijadikan sebagai sumber belajar berbasis alam dan lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk Memberikan pelatihan perancangan pembelajaran Fisika berbasis Alam dan Lingkungan bagi guru-guru di Kabupaten kepulauan Sangihe, dengan metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu Model kegiatan pelatihan partisipatif, dimana guru yang menjadi peserta kegiatan terlibat langsung dalam kegiatan pengembangan rancangan.Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini yaitu Guru-guru Fisika di Kabupaten kepulauan Sangihe termotivasi dan telah memperoleh pengetahuan dalam merancangan Pembelajaran Fisika Berbasis Alam Dan Lingkungan Sekitar.

Keywords


Pembelajaran di alam; fisika; konteks; konsep

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 320 times
PDF Download : 52 times

DOI: 10.36412/abdimas.v9i02.571

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v9i02.571.g522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.