PEMBERDAYAAN KOMUNITAS USAHA KECIL MENENGAH DI KAATEN TOMOHON SELATAN

Nikolas F Wuryaningrat(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) masih memiliki keterbatasan lemahnya human capital. Oleh karena itu diperlukan upaya nyata bagi masyarakat khususnya UKM untuk meningkatkan human capital atau SDM melalui pengembangan sumberdaya pengetahuan.
Melalui pengembangan pengetahuan UKM bisa memiliki kemampuan daya saing yang berkelanjutan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan kemampuan daya saing UKM. Hal tersebut dapat ditempuh melalui pengembangan sumberdaya pengetahuan yang diberdayakan melalui kegiatan berbagi pengetahuan dengan lingkungan internal dan eksternal UKM. Kemudian agar kegiatan ini tidak terputus maka melalui kegiatan ini terciptanya atau terbentuk suatu komunitas formal, informal dan virtual UKM di Kota Tomohon. Kegiatan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama tahap observasi dan tahap dua tahap focus discussion. Observasi dilakukan pada usaha kecil dan menengah yang ada di Kaaten Manado. Observasi
dilakukan untuk melihat bagaimana dan cara usaha kecil berinteraksi dengan usaha lainnya. Dari hasil pertemuan disepakati untuk membentuk jaringan komunitas usaha kecil Kaaten, disepakati pula untuk diadakan pertemuan tetap tiap bulannya dalam bentuk arisan. Kegiatan ini berhasil menghasilkan jaringan berbagi pengetahuan. Diadakan pertemuan yang bersifat informal untuk dapat menyatukan mereka kedalam satu komunitas. Dengan bersatunya mereka dalam komunitas maka jaringan-jaringan yang semula terpisah dapat disatukan menjadi satu jaringan bersama.


Keywords


UKM; komunitas; daya saing

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 192 times
PDF Download : 34 times

DOI: 10.36412/abdimas.v10i01.563

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v10i01.563.g514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.