PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI EDUKASI BELAJAR ANGKA DAN BERHITUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Indah Puji Astuti(1), Rifqi Rahmatika Az-Zahra(2), Ghulam Asrofi Buntoro(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Perubahan pola diperlukan di berbagai bidang, salah satunya adalah perilaku pendidikan agar mampu beradaptasi dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Seperti halnya metode pendidikan di B.A. Aisyiyah Beton 1. Berbagai upaya dilakukan agar pembelajaran tetap aman, nyaman, dan efektif. Selama pandemi kebijakan proses belajar mengajar di B.A. Aisyiyah Beton 1 pada masing-masing kelas dilaksanakan di rumah masing-masing guru dengan membagi jumlah siswa pada setiap tatap muka. Menjadi tantangan bagi guru untuk membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan membuat siswa tidak bosan dalam belajar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi smartphone. Selain digunakan untuk komunikasi, smartphone dapat digunakan untuk media pembelajaran. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) ini, tim PKM akan memberikan sosialisasi dan pelatihan aplikasi pendidikan matematika berbasis Android bernama Tang Ting Tung untuk membantu proses pembelajaran di B.A Aisyiyah 1 Beton. Dari hasil PKM ini, para siswa dan guru dapat menggunakan aplikasi Tang Ting Tung yang merupakan aplikasi untuk belajar angka dan aritmatika dasar, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan

Keywords


Android, Media Pembelajaran, Pandemi Covid-19, Smartphone

References


Andriani, R., Andriany, D.A. and Lailia, S.K. (2021) ‘Meningkatkan Kualitas Guru Dalam Menguasai TIK Melalui Program Microsoft Partner in Learning ( PiL ) dan Aplikasi Moodle’, Current Research in Education: Conference Series Journal, 01(01), pp. 1–6.

Anugrahana, A. (2020) ‘Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar’, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), pp. 282–289.

AR, H.S. (2020) ‘Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, Ta’dib, 18(1), pp. 98–118.

Ficha Aulia Nanda and Sihombing, C. (no date) ‘STRATEGI GURU MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMIC COVID-19 SDN 054871 KW . BEGUMIT’, (1).

Husain, C. (2014) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan’, 2(2004), pp. 184–192.

Jamila, Ahdar and Natsir, E. (2021) ‘Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare’, AL MA’ ARIEF: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL DAN BUDAYA, 3(2), pp. 101–110.

Jiu, C.K., Pratama, K. and Pradika, J. (2022) ‘Pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini selama masa pandemi covid-19’, aṣ-ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), pp. 167–180.

Lestari, S. (2018) ‘PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Edureligia, 2(2), pp. 94–100.

Maknun, D. (2013) ‘LINGKUNGAN PEMBELAJARAN SAINS YANG SEHAT, AMAN, NYAMAN DAN KONDUSIF’, JURNAL SCIENTIAE EDUCATIA, 2(1), pp. 33–51.

Maknuni, J. (2020) ‘Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19’, Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), 02, pp. 94–106.

Rahayu, N.S. and Mulyadi, S. (2021) ‘Analisis penggunaan gadget pada anak usia dini’, Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), pp. 202–210.

Sakti, B.P. (2021) ‘Peran Semua Pihak Menghadapi Pengaruh Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19’, in Seminar Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegoro Strategi, pp. 92–100.

Salsabila, U.H. et al. (2020) ‘PERAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19’, Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), pp. 188–198. Available at: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

Sawitri, Y. et al. (2019) ‘Dampak penggunaan smartphone terhadap perkembangan anak usia dini’, in Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat IV, pp. 691–697.

Syamsuri, M.M.F. et al. (2022) ‘Pelatihan pemanfaatan perangkat lunak kimia berbasis gawai sebagai media pembelajaran’, Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 05(03), pp. 267–275.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 144 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v15i2.3749

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v15i2.3749.g1747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.