PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BAGI GURU SD KARTIKA WIRABUANA 7 MANADO DAN GURU SD KEMALA BHAYANGKARI MANADO

Krowin M(1), Tamara, M(2), Mongdong R(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran ikuiri untuk membangkitkan semangat belajar siswa, meningkatkan keaktifan, dan partisipasi siswa, siswa dapat berpikir kritis, demokratis, mengembangkan sikap, motivasi dan  kemampuan berbicara. Untuk mewujudkan suasana pembelajaran seperti yang diharapkan dalam model pembelajaran inkuiri tersebut, maka para guru sekolah dasar kususnya guru SD Kartika Wirabuana dan guru SD Kemala Bhayangkari manado mengikuti pelatihan model pembelajaran inkuiri. Metode dan teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada desain yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart (dalam Aqib Zainal, 2006) di samping juga menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, tutorial dan monitoring. Bertolak dari hasil pengabdian kepada masyarakat dan pembahasan maka dilihat bahwa kegiatan pelatihan model pembelajaran inkuiri ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta keterampilan para guru sekolah dasar khususnya guru SD Kartika Wirabuana 7 manado dan guru SD Kemala Bhayangkari Manado. Kesimpulan dari hasil tersebut adalah diharapkan agar pelatihan model pembelajaran inkuiri dan model-model pembelajaran yang lain perlu dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga semua guru sekolah dasar di kecamatan Wanea mendapat  kesempatan yang sama untuk memperdalam pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dan mampu menerapkan dalam proses belajar mengajar.

Keywords


Model Pembelajaran, Metode Inkuiri

References


Conny Setiawan dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Kurniasih,I. & Sani, B. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Moh. Oemar dan Max H. Waney. 1980. Inqury Discovery Problem Solving dalam Pengajaran IPS. Jakarta: P3G Depdikbud

Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Rudy Gunawan. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Rachmawati, T. dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis, Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wina sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorienatsi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 35 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v15i2.3747

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v15i2.3747.g1744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.