- Home
- Vol 15, No 2 (2022)
- M
PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BAGI GURU SD KARTIKA WIRABUANA 7 MANADO DAN GURU SD KEMALA BHAYANGKARI MANADO
Krowin M
(1), Tamara, M
(2), Mongdong R
(3),
(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran ikuiri untuk membangkitkan semangat belajar siswa, meningkatkan keaktifan, dan partisipasi siswa, siswa dapat berpikir kritis, demokratis, mengembangkan sikap, motivasi dan kemampuan berbicara. Untuk mewujudkan suasana pembelajaran seperti yang diharapkan dalam model pembelajaran inkuiri tersebut, maka para guru sekolah dasar kususnya guru SD Kartika Wirabuana dan guru SD Kemala Bhayangkari manado mengikuti pelatihan model pembelajaran inkuiri. Metode dan teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada desain yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart (dalam Aqib Zainal, 2006) di samping juga menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, tutorial dan monitoring. Bertolak dari hasil pengabdian kepada masyarakat dan pembahasan maka dilihat bahwa kegiatan pelatihan model pembelajaran inkuiri ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta keterampilan para guru sekolah dasar khususnya guru SD Kartika Wirabuana 7 manado dan guru SD Kemala Bhayangkari Manado. Kesimpulan dari hasil tersebut adalah diharapkan agar pelatihan model pembelajaran inkuiri dan model-model pembelajaran yang lain perlu dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga semua guru sekolah dasar di kecamatan Wanea mendapat kesempatan yang sama untuk memperdalam pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dan mampu menerapkan dalam proses belajar mengajar.
Keywords
Model Pembelajaran, Metode Inkuiri
References
Conny Setiawan dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Kurniasih,I. & Sani, B. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena
Moh. Oemar dan Max H. Waney. 1980. Inqury Discovery Problem Solving dalam Pengajaran IPS. Jakarta: P3G Depdikbud
Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Rudy Gunawan. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Rachmawati, T. dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis, Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wina sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorienatsi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Full Text:
PDF
Article Metrics
Abstract View
: 121 times
PDF
Download : 0 times
DOI:
10.36412/abdimas.v15i2.3747
DOI (PDF):
https://doi.org/10.36412/abdimas.v15i2.3747.g1744
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.