KKN PPM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI DI DESA KIMA BAJO KECAMATAN WORI KABUPATEN MINAHASA UTAR
(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran di SDN 126 Manado dilaksanakan dengan cara yang kurang menumbuhkan motivasi belajar dan kecintaan pelajaran. Pembelajaran lebih banyak dilakukan dengan menyalin apa yang dieja oleh guru, menyalin apa yang ditulis oleh salah satu anak di papan tulis, menyalin apa yang ada di buku teks ke dalam buku catatan, menulis rangkuman cerita yang dibacakan guru, dan kegiatan lain yang membuat anak-anak sering merasa bosan. Ini nampak dengan seringnya anak-anak masuk keluar kelas, terjadi kegaduhan dalam kelas, dan kerasnya suatu guru untuk menenangkan kelas. Tujuan kegiatan ini adalah 1) Memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas kepada guru-guru tentang model- model pembelajaran di SDN 126 Manado; 2) Memberikan pengetahuan dan keterampilan, tentang penerapan model-model pembelajaran bahasa di SDN 126 Manado, dan 3) Memberikan kontribusi positif dalam pelayanan pendidikan secara akomodatif dan berkualitas kepada semua anak didik.
Keywords
Model pembelajaran; kelompok guru;number head together.
References
Departemen Pendidikan Nasional.
Penyesuaian Garis-Garis Program
Pengajaran dan Penilaian pada Sistem
Semester. Satuan Pendidikan Sekolah
Dasar (TK). Jakarta. Dirjen Disdasmen
Theo, R & Martin,H. 2004. Pendidikan
Anak Usia Dini: Tuntunan Psikologis
dan Pedagogis bagi Pendidik dan
Orang Tua, Jakarta: PT. Gramedia
Widiasarana.
Unesco.2002. Information
and
Communication Technology in
Education. Paris: Unesco
Article Metrics
Abstract View : 152 timesPDF Download : 0 times
DOI: 10.36412/abdimas.v13i3.3106
DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v13i3.3106.g1587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.