KKN PPM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI DI DESA KIMA BAJO KECAMATAN WORI KABUPATEN MINAHASA UTAR

Alfrina Mewengkang(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran di SDN 126 Manado dilaksanakan dengan cara yang kurang menumbuhkan motivasi belajar dan kecintaan pelajaran. Pembelajaran lebih banyak dilakukan dengan menyalin apa yang dieja oleh guru, menyalin apa yang ditulis oleh salah satu anak di papan tulis, menyalin apa yang ada di buku teks ke dalam buku catatan, menulis rangkuman cerita yang dibacakan guru, dan kegiatan lain yang membuat anak-anak sering merasa bosan. Ini nampak dengan seringnya anak-anak masuk keluar kelas, terjadi kegaduhan dalam kelas, dan kerasnya suatu guru untuk menenangkan kelas. Tujuan kegiatan ini adalah 1) Memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas kepada guru-guru tentang model- model pembelajaran di SDN 126 Manado; 2) Memberikan pengetahuan dan keterampilan, tentang penerapan model-model pembelajaran bahasa di SDN 126 Manado, dan 3) Memberikan kontribusi positif dalam pelayanan pendidikan secara akomodatif dan berkualitas kepada semua anak didik.

Keywords


Model pembelajaran; kelompok guru;number head together.

References


Departemen Pendidikan Nasional.

Penyesuaian Garis-Garis Program

Pengajaran dan Penilaian pada Sistem

Semester. Satuan Pendidikan Sekolah

Dasar (TK). Jakarta. Dirjen Disdasmen

Theo, R & Martin,H. 2004. Pendidikan

Anak Usia Dini: Tuntunan Psikologis

dan Pedagogis bagi Pendidik dan

Orang Tua, Jakarta: PT. Gramedia

Widiasarana.

Unesco.2002. Information

and

Communication Technology in

Education. Paris: Unesco


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 64 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v13i3.3106

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v13i3.3106.g1587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.