PKM PELATIHAN BAGI GURU-GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI TENTANG METODE MENGAJAR YANG TEPAT DI SMA NEGERI 3 MANADO
(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author
Abstract
Permasalahan yang ditemukan sehingga dilaksanakan pengabdian ini adalah penggunaan metode mengajar yang tidak sesuai dengan topik atau pokok bahasan menyebabkan gairah belajar yang menurun, terutama dalam kaitannya dengan matapelajaran Geografi. Apalagi masih banyak guru- guru bidang studi Geografi yang belum memahami lebih jauh tentang metode mengajar yang tepat sesuai dengan pokok bahasan, tujuan dan lokasi. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan efisiensi mengajar guru dalam penggunaan metode yang tepat, sehingga memberi gairah belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Geografi. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab, pemberian tugas menyusun RPP. Hsil kegiatan ini berwujud pada produk materi pelatihan tentang metode mengajar yang tepat bagi guru- guru matapelajaran Geografi di SMA Negeri 3 Manado.
Keywords
Pelatihan, metode mengajar yang tepat.
References
Nasution, S., 1987. Berbagai Pendekatan
dalam Proses Belajar Mengajar. Bina
Aksara, Jakarta.
Suryanto, K.K.E., 2007. Metode
Pembelajaran. Malang: BPSG Penerbit UM.
Sumarni, 2012. Model-model Pembelajaran
Geografi. Aditya Media Publishing.
Syaiful, B.D., 2006. Strategi Belajar
Mengajar. Penerbit PT. Rineka Cipta.
Sunaryo, 1989. Strategi Belajar Mengajar
IPS. IKIP Malang
Article Metrics
Abstract View : 136 timesPDF Download : 0 times
DOI: 10.36412/abdimas.v13i3.3102
DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v13i3.3102.g1583
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.