PKM PELATIHAN BAGI GURU-GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI TENTANG METODE MENGAJAR YANG TEPAT DI SMA NEGERI 3 MANADO

Nixon J SIndua(1), Kalvin S Andaria(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang ditemukan sehingga dilaksanakan pengabdian ini adalah penggunaan metode mengajar yang tidak sesuai dengan topik atau pokok bahasan menyebabkan gairah belajar yang menurun, terutama dalam kaitannya dengan matapelajaran Geografi. Apalagi masih banyak guru- guru bidang studi Geografi yang belum memahami lebih jauh tentang metode mengajar yang tepat sesuai dengan pokok bahasan, tujuan dan lokasi. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan efisiensi mengajar guru dalam penggunaan metode yang tepat, sehingga memberi gairah belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Geografi. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab, pemberian tugas menyusun RPP. Hsil kegiatan ini berwujud pada produk materi pelatihan tentang metode mengajar yang tepat bagi guru- guru matapelajaran Geografi di SMA Negeri 3 Manado.

Keywords


Pelatihan, metode mengajar yang tepat.

References


Nasution, S., 1987. Berbagai Pendekatan

dalam Proses Belajar Mengajar. Bina

Aksara, Jakarta.

Suryanto, K.K.E., 2007. Metode

Pembelajaran. Malang: BPSG Penerbit UM.

Sumarni, 2012. Model-model Pembelajaran

Geografi. Aditya Media Publishing.

Syaiful, B.D., 2006. Strategi Belajar

Mengajar. Penerbit PT. Rineka Cipta.

Sunaryo, 1989. Strategi Belajar Mengajar

IPS. IKIP Malang


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 52 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v13i3.3102

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v13i3.3102.g1583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.