PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA GURU IPS DI KOTA TOMOHON

Manuel Estevanus Korompis,(1), Paulus Robert Tuerah(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah: (1) Merancang pembelajaran IPS berbasis Metode pembelajaran Kontekstual; (2 )Penggunaan Metode Kontekstual sebagai media dalam pembelajaran IPS, dan; (3) Peningkatan kompetensi guru IPS di Tomohon dalam pembelajaran menggunakan Metode Kontekstual. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode perencanaan dan pelaksanaan pengembangan pembelajaran berbasis kontekstual, berlangsung di Kota Tomohon, hasil yang didapatkan adalah bahwa; (1) adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang pengembangan metode pembelajaran kontekstual walaupun awalnya ditemukan bahwa masih sedikit guru IPS yang mengimplementasikannya; (2) Tersedianya media metode pembelajran kontekstual

Keywords


Kontekstual, Tomohon, Pengembangan

References


Irawati, S. (2005). Manajemen Keuangan. Bandung: Penerbit Pustaka.

E. Mulyasa dan Purwadhi, Panduan Penulisan Karya Ilmiah, (Bandung: Universitas Islam Nusantara, 2008), hal .162

Hanafiah, Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas dan Model-Model Pembelajaran, (Bandung: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Nusantara, 2010), hal. 41

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan) (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008), hal.196Depdiknas. (2007). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur, Balitbang Depdiknas


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 184 times
PDF Download : 26 times

DOI: 10.36412/abdimas.v13i1.2146

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v13i1.2146.g1338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.