PKM DIDESA DANOWUDU KOTA BITUNG

Diane Tengker(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran menyenangkan artinya pembelajaran yang interaktif dan atraktif, sehingga anak didik dapat memusatkan perhatian terhadap pembelajaran yang sedang dijalaninya. Dalam pemilihan media seorang pendidik diharapakan pandai-pandai memilih dan memilah media yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran yang akan digunakan harus menyesuaikan dengan umur siswa, keadaan siswa, situasi lingkunan belajar siswa, kemampuan siswa, dan waktu yang tepat.Tiap jenis media mempunyai karakteristik atau sifat-sifat khas tersendiri. Artinya mempunyai kelebihan dan kekurangan satu terhadap yang lain . Sifat-sifat yang biasanya dipakai untuk menentukan kesesuaian penggunaan atau pemilihan media ialah: 1. Jangkauan 2. Keluwesan 3. Ketergantungan 4. Atribut. Anak didik belajar, 10% dari apa yang dibaca, 20% dari apa yang didengar, 30% dari apa yang dilihat, 50% dari apa yang dilihat dan didengar, 70% dari apa yang dikatakan, dan 90% dari apa yang dikatakan dan dilakukan (Sheal, Peter, 1989). Guru yang aktif adalah guru yang memantau kegiatan belajar anak didik, memberi umpan balik, mengajukan pertanyaan yang menantang, dan memperbanyak gagasan anak didik untuk dapat dimunculkan. Sedangkan anak didik yang aktif adalah mereka yang sering bertanya, mengemukakan pendapat, mempertanyakan gagasan sendiri/orang lain, dan aktif melakukan suatu kegiatan belajar . Kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pelatihan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi kepada Guru-guru di Guru-guru di Desa Danowudutelah berhasil dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan pelatihan ini telah mencapai tujuan yang dilaksanakan karena semua peserta dapat menguasai dan membuat media pembelajaran yang bervariasi

Keywords


Media; Bahasa; Pembelajaran; pelatihan

References


Ahmadi Abu dan Supriyono Widodo. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang : YA3 Malang.

Hartanto, B., & Wijaya, 2004. F., The Magic Of Flash MX 2004, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Jepri, Mohammad, 2002. Membuat Games dengan Flash MX, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Sadewa, Yoel, 2004 Bahasa Jepang Yang Mudah Yasahii Nihongo, Media Abadi, Yogyakarta

Zeembry. 2004.123 Tip&Trik ActionScript Flash MX Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Rey, Chrissy, 2001. Macromedia Flash Training From The Source, Macromedia Press, Berkeley.

Widodo, Edi. 2006. Multimedia dan Pembelajaran Bahasa. Bandung


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 165 times
PDF Download : 22 times

DOI: 10.36412/abdimas.v12i2.1054

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v12i2.1054.g1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.