SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PRODI ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIMA

Jeane Elisabeth Langkai(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan melakukan analisis kebutuhan sarana dan prasarana program studi Ilmu Administrasi negara Fakultas Ilmu Sosial UNIMA melalui tersedianya: a). data profil prasarana dan sarana, baik software maupun hardware, b). mendeskripsi dan menganalisis profil prasarana dan sarana, baik software maupun hardware, yang perlu diberdayakan. Urgensi keutamaan penelitian adalah bahwa implementasi kebijakan yang diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi program sarana dan prasarana merupakan jenis masalah sentral dalam pelaksanaan pembelajaran. Apabila kebijakan ini tidak diimplementasikan berdasarkan kebutuhan kelompok sasaran atau secara spesifik untuk kebutuhan pencapaian tujuan pembelajaran secara nasional, maka implementasi kebijakan ini akan cenderung berdampak pada belum tercapainya tujuan pembelajaran dan mengakibatkan rendahnya daya serap mahasiswa terhadap setiap pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini berkesimpulkan bahwa: sarana prasarana pada prodi Administrasi Publik yang menyangkut jumlah dosen, jumlah ruang kuliah, jumlah kursi, jumlah computer, jumlah LCD, genset belum seimbang dengan jumlah mahasiswa dan kebutuhan proses belajar mengajar. Untuk itu disarankan agar sarana dan prasara dilengkapi sesuai kebutuhan pelaksanaan proses belajar mengajar karena mahasiswa berhak mendapatkan pelayanan publik dalam bentuk tersedianya srana dan prasarana yang memadai untuk kenyaman belajar mengajar.


Kata Kunci: Implementasi Kebijakan Standar Nasional, Program Sarana Prasarana


References


Akib, Haedar. 2009. Artikulasi Perkembangan Ilmu Administrasi Publik, Jurnal Baca Edisi: Vol. 2 No. 3, Pusat Kejian Lembaga Penelitian Universitas Pepabri Makasar.

………….. 2010, Implementasi Kebijakan : Apa, Mengapa, dan Bagaimana, Jurnal Administrasi Publik, Volume 1 No. 1, Pusat Kajian Lembaga Penelitian UNEM.

………….. Efektivitas Implementasi dan Dampak Kebijakan dalam Konteks Desentralisasi Pemerintahan

Dunn William N. 2013. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dye,Thomas R, 1995, Understanding Public Policy,New Jersey; Prentice Hall

Mazmanian Daniel and Paul A. Sabatier (eds). 1981. Effective Policy Implementation. Lexington Mass DX: Health.

Martinus Tanggela, 2015, Analisis Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah Di SMP Negeri 2 Batu, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 1 Januari 2013,26-34 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615)

Nugroho Riant. 2006. Kebijakan Publik: Untuk Negara-Negara Berkembang. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

……………. 2011. Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Prodi Administrasi Publik, Borang Akreditasi, 2018

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Kuanitatif, dan R Dan D. Alfabeta Bandung.

Van Metter, D.S and C.E Van Horn. 1978. The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework, Administration and Society.

Jeane Elisabeth Langkai, 2014, Implementasi Kebijakan Penganggur Terbuka Di Kota Manado, Jurnal UNIMA

…………., 2014, Model Implementasi Kebijakan PBL Dalam Mensejahterakan Masyarakat di Kota Manado, Jurnal UNM

……………, 2015, Determinan Implementasi Kebijakan PBL di Kota Manado, Jurnal MIIS India 2015

……………, 2016 Dampak Implementasi Kebijakan PBL terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kota Manado, Mediterranean Journal of social sciences vol 7 (2)

Waramatias Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 1 Januari 2013,26-34 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615) tentang Evaluasi Implementasi Kebijakan Standar Sarana Dan Prasarana Laboratorium Fisika Sma Negeri 2 Kota Tangerang Selatan.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 285 times
PDF Download : 39 times

DOI: 10.36412/ce.v3i1.906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan