Pendidikan kepramukaan untuk penanaman nilai-nilai Pancasila di SMP Budi Mulia Pakisaji Kabupaten Malang

Didik Iswahyudi(1), Mochammad Ramli Akbar(2),


(1) Universitas Kanjuruhan Malang
(2) Universitas Kanjuruhan Malang
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara deskriptif tentang rancangan, proses, dan esensi penanaman nilai-nilai Pancasila pada pendidikan Pramuka dengan subyek sebanyak 150 murid dan 3 pembina Pramuka di SMP Budi Mulia Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model studi deskriptif. Analisis dan editing data menggunakan metode Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancangan untuk program pendidikan Pramuka untuk menanamkan nilai Pancasila, membutuhkan adaptasi yang kompleks terutama untuk harmonisasi dengan kurikulum pendidikan yang sedang berjalan. (2) Pelaksanaan program pramuka pada aspek pengabdian dan pengamalan nilai gotong royong di masyarakat, masih membutuhkan pendampingan yang kuat untuk praktek dan aplikasi di masyarakat, mengingat peserta Pramuka yang masih duduk di bangku SMP. (3) Secara esensi penanaman nilai Pancasila di Pramuka, sesuai dengan pembangunan karakter dan kepribadian untuk anggota Pramuka, sehingga mampu mempererat dan memperkuat edukasi yang ada di SMP Budi Mulia Kabupaten Malang. Kendala dan pola penyelesaian permasalahan masih bersifat internal dan belum menyentuh problem solving secara sistematis dan komprehensif

References


Aminullah, Implementasi, 2016, Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, Vol.03, No.1

Dhofier, Zamakhsyari. 1994. Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Irhandayaningsih, Anna, 2012, Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Global, Jurnal Humanika Universitas Diponegoro, Vol.16, No.9

Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka Cabang (LEMDIKACAB). 2001. Bahan Serahan Kursus Mahir Dasar (KMD). Ponorogo: LEMDIKACAB.

Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael, Qualitative Data Analysis: A Source Book of New Methods, London: Sage Publications, 1984

Meinarno, Eko A, Mashoedi, Sri Fatmawati, 2016, Pembuktian Kekuatan Hubungan Antara Nilai-nilai Pancasila dengan Kewarganegaraan, Jurnal Ilmiah Pancasila dan Kewarganegaraan UM, Vol.1, No.1

Kristiono, Natal, 2017, Penguatan Ideologi Pancasila di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang, Jurnal Harmony Unnes, Vol.2, No.2

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Octavian, Wndy Anugrah, Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Sebuah Bangsa, Jurnal Bhinneka Tunggal Ika (JBTI) Unsri, Vol.5, No.2

Putra, Nusa, Penelitian Kualititaf : Proses dan Aplikasi, Jakarta: Indeks, 2011

Saniman. 2013. Sejarah Lahirnya Pancasila (Online), (www.bukukita.com), diakses 17 Oktober 2013.

Wan, Jerry. 2015.https://infomawan.com. Sejarah LahirnyaPancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara.html, di akses 06 Februari 2019

Wibowo, Arif Prasetyo, Wahono, Margi, 2017, Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret Untuk Memperkuat Multikulturalisme di Indonesia, Jurnal Civics UNY Vol.14, No.2

Yudhoyono, Susilo Bambang. 2009. Sambutan Pembukaan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara 2009. (Online), (http://www.presidenri.go.id/index.php/pidato/2009/06/17/1174.html), diakses 8 Desember 2018.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 101 times
PDF Download : 42 times

DOI: 10.36412/ce.v4i1.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan