Upaya Penguatan Pendidikan Karakter pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi

Hermon Maurits Karwur(1), Kalvin Salindeho Andaria(2), Xaverius Erick Lobja(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk memahami karakter mahasiswa, menjelaskan upaya bentuk implementasi penguatan pendidikan karakter mahasiswa, dan mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap upaya penguatan pendidikan karakter. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian merumuskan upaya yang dilakukan dalam memahami karakter mahasiswa adalah merumuskan rencana pembelajaran semester, mempelajari, memahami dan  memetakan karakter mahasiswa. Penguatan pendidikan karakter pada mahasiswa meliputi: (1) melalui rumusan capaian pembelajaran program studi, (2) melalui rumusan kurikulum, (3) melalui rumusan kompetensi lulusan, (4) melalui rumusan capaian pembelajaran mata kuliah, (5) melalui proses pembelajaran, (6) melalui metode dan model pembelajaran, (7) melalui kegiatan pembimbingan, (8) melalui kegiatan penelitian, dan (9) melalui kegiatan akademik lainnya di program studi. Mahasiswa memberikan respon atau tanggapan yang positif terhadap upaya penguatan pendidikan karakter.


Keywords


Penguatan; Pendidikan karakter; Mahasiswa

References


Komara, E. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Matta, A. 2002. Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat.

McDonnell, S. N. 1999. Living up to a Code of Ethics: There is Always Room for Improvement. Vital Speeches of the Day, 65(8), 249.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. 2009. Analisis Data Kualitatif (alih bahasa: Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI-Press.

Noor, R. M. 2012. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Perdana, N. S. 2018. Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Schaps, E., Schaeffer, E. F., & McDonnell, S. N. 2001. What’s Right and Wrong in Character Education Today. Education Week, 21(2), 40–44.

Siswati, S., Utomo, C. B., & Muntholib, A. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13.

Soetanto, H. 2012. Pendidikan Karakter. Malang: Universitas Brawijaya.

Sofyan, H. 2008. Optimalisasi Pembelajaran Berbasis Kompetensi pada Pendidikan Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1), 113–132.

Sugilar, H., Kariadinata, R., Farlina, E., & Gunawan, H. 2018. Membangun Karakter Mahasiswa melalui Nilai-nilai Matematika. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 161–172.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung (ed.); B). Bandung: Alfabeta.

Suyanto, S. 2012. Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 59 times
PDF Download : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.