Pembelajaran Berbasis Lingkungan dalam Pembelajaran Kajian Isu-Isu Global pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS

Manuel Estefanus Korompis(1), Paulus Robert Tuerah(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan kerangka pembelajaran berbasis lingkungan dan mengevaluasi seberapa baik setiap elemen memberikan kontribusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengembangkan pembelajaran berbasis lingkungan, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif developmental. Temuan menunjukkan bahwa menggunakan strategi pembelajaran berbasis lingkungan ketika mempelajari tantangan global meningkatkan hasil belajar dan kompetensi siswa. Antusiasme siswa untuk belajar dan kemampuan mereka untuk memahami masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari harus mendapat manfaat dari pembelajaran berbasis lingkungan.


Keywords


Isu-isu global; Pembelajaran berbasis lingkungan; Pendidikan IPS

References


Ahmad, R., & Ahmadi, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Cecep, H., Widyastuti, A., Subakti, H., Hasibuan, F. A., Sartika, S. H., Ardiana, D. P. Y., Avicenna, A., Salim, N. A., Karwanto, K., & Kato, I. 2021. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta. Indonesia.

Johnson, E. B. 2014. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna (Contextual Teaching and Learning: What it is and why it’s here to stay). Penerjemah Ibnu Setiawan, Penyunting Ida Sitompul. Bandung: Kaifa.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru yang Profesional: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Nasution, T., & Lubis, M. A. 2018. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Samudra Biru.

Rifani, I. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle dan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share Terhadap Pemahaman Konsep-Konsep Geografi. Jurnal Geografi Gea, 13(1). https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3305

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Suniti, S., & Mahdi, M. 2019. Model Pembelajaran IPS Berbasis Lingkungan Hidup di MTs Negeri I Kota Cirebon. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(1).

Susilo, H. 2011. Bended Learning untuk Menyiapkan Mahasiswa Hidup di Abad 21. Seminar Nasional Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Universitas Negeri Malang.

Trianto, I. B. al-T. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstektual: Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik/Integratif/KTI). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widiastuti, E. H. 2017. Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya, 33(1), 29–36.

Wuryastuti, S., & Ni’mah, I. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Mahasiswa Melalui Pembuatan Kompor Biogas. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 74 times
PDF Download : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.