Implementasi Penguatan Nilai-Nilai Nasionalisme pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS

Paulus Robert Tuerah(1), Erric Kondoy(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Manusia memiliki gagasan tentang nasionalisme yang perlu diungkapkan melalui perbuatan dan sikap. Pendidikan karakter bangsa telah banyak dikacaukan oleh globalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan metode yang digunakan pengajar untuk memperkuat cita-cita nasionalisme mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado. Temuan menunjukkan bahwa dosen menanamkan nilai-nilai nasionalisme kedalam strategi. Dosen harus melibatkan mahasiswa dalam proses pengembangan nilai-nilai nasionalisme. Mengingat keterlibatan mereka dalam proses pendidikan, dosen memiliki peran positif dalam menumbuhkan nasionalisme mahasiswa.


Keywords


Nasionalisme; Implementasi; IPS; Penguatan

References


Akdon, A. 2006. Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta.

Hendrastomo, G. 2007. Nasionalisme vs Globalisasi “Hilangnya Semangat Kebangsaan dalam Peradaban Modern”. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 1(1).

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Komara, E. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Likert, R. 2017. The Method of Constructing an Attitude Scale. In Scaling. London: Routledge Taylor & Francis Group.

Michael, H. A., & Miles Matthew, B. 2009. Analisis Data Kualitatif (alih bahasa: Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI-Press.

Noor, R. M. 2012. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Osgood, C. E., Suci, G. J., & Tannenbaum, P. H. 1957. The Measurement of Meaning. Illinois: University of Illinois Press.

Perdana, N. S. 2018. Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Saifuddin, A. 2015. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shafer, B. C. 1955. Nationalism: Myth and Reality. In A Harvest book. California: Harcourt Brace.

Siswati, S., Utomo, C. B., & Muntholib, A. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13.

Suyanto, S. 2012. Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Triatmanto, T. 2010. Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Cakrawala Pendidikan, 3.

Tugiyono, K., Widiarto, T., Koeswanti, H. D., Sunardi, Trimanto, J., Fansyuri, M., & Kristina, R. E. 2004. Pengetahuan Sosial: Sejarah. Jakarta: Grasindo.

Uno, H. B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Full Text: PDF PDF

Article Metrics

Abstract View : 59 times
PDF Download : 10 times PDF Download : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.