Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Pembelajaran dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi

Jems Dainga(1), Tinneke Evie Meggy Sumual(2), Jerry Rommy Herter Wuisang(3), Edwin Wantah(4),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
(4) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kompetensi profesi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, (2) pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi, (3)  pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, (4) pengaruh kompetensi profesi guru, sarana belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS di SMA Negeri 1 Tabukan Tengah, berjumlah 40 orang yang tersebar di tiga kelas, dan total sampelnya adalah seluruh siswa 40 orang. Data penelitian dianalisis dengan analisis korelasi, regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif masing-masing kompetensi guru, fasilitas pembelajaran, motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Selain itu pengaruh positif secara bersama-sama kompetensi guru, fasilitas pembelajaran, motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tabukan Tengah.


Keywords


Fasilitas pembelajaran; Hasil belajar; Kompetensi profesional guru; Motivasi belajar

References


Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Pantouw, H., Tendean, M., & Tuerah, P. R. (2021). Kajian Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Geografi di SMA. GEOGRAPHIA: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 2(1), 80–86.

Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja rosdakarya.

Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Rifani, I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle dan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share Terhadap Pemahaman Konsep-Konsep Geografi. Jurnal Geografi Gea, 13(1). https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3305

Rifani, I., & Lobja, X. E. (2020). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Manado. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 5(1), 45–49.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sayang, B. A., Rewah, F., & Poli, E. E. (2020). Model Pembelajaran Component Display Theory (CDT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi di SMA. GEOGRAPHIA: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 1(2), 32–36.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2022). Metodologi Penelitian Sosial (Edisi Ketiga). Bandung: Bumi Aksara.

Wagei, O. T., Karwur, H. M., & Ramadhan, M. I. (2021). Analisis Kesiapan Penerapan Pembelajaran E-Learning Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kumelembuai. GEOGRAPHIA: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 2(2), 116–123.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 48 times
PDF Download : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.