Identifikasi Masalah dan Analisis Kebutuhan Konten Materi Pemasaran Produk Meubel Berbasis Facebook di Desa Leilem

Regina Watulingas(1), Jerry Rommy Herter Wuisang(2), Edwin Wantah(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini untuk mengembangkan konten pemasaran melalui media sosial Facebook untuk pemasaran meubel di Desa Leilem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D (four-D model) yaitu model pengembangan yang terdiri dari Define (pendefinisian), Desain (perencanaan/desain), Develop (pengembangan) dan Disseminate (pendesiminasian/penyebaran). Penelitian ini mengambil subjek yaitu pengrajin meubel di Desa Leilem dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini 10 pengrajin Meubel yang ada di Desa Leilem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan konten pemasaran untuk pemasaran meubel di Desa Leilem sangat dibutuhkan dan sangat penting bagi para pengrajin. Hasil identifikasi masalah menggambarkan bahwa pengrajin belum bisa memaksimalkan konten pemasaran karena pengetahuan tentang konten pemasaran masih kurang, karena kurangnya pengetahuan konten pemasaran maka pengrajin masih terbatas dalam memasarkan hasil produk mereka. Dari hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa konten pemasaran ini sangat dibutuhkan, pengrajin juga membutuhkan pengetahuan yang benar agar pengrajin akan lebih mengerti dan paham tentang konten pemasaran ini, tetapi juga penggunaan konten pemasaran akan lebih maksimal dan lebih efektif penggunaanya. dan juga akan lebih meningkatkan hasil penjualan produk meubel lewat konten pemasaran yang sudah lebih kreatif.


Keywords


Analisis kebutuhan; Identifikasi masalah pemasaran meubel; Konten pemasaran

References


Darmawan, Y. A. 2019. Analisis Keberlangsungan Industri Mebel di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Skripsi. Program Studi Geografi Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Latief, N. 2019. Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Omzet Penjualan Handphone pada DP Store Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. 202). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33.

Najoan, M., Wantah, E., & Manongko, A. 2021. Pengembangan Konten Materi Pembelajaran Korespondensi Berbasis Media Instagram di SMK Negeri 1 Manado. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 179–188.

Norita, E., & Hadiyanto, H. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Kognitif Berbasis Multimedia di TK Negeri Pembina Padang. Jurnal Basicedu, 5(2), 561–570.

Restika, W. S. 2019. Opini Pengguna Akun Facebook terhadap Gerakan Animal Friends Jogja (Studi Analisis Isi Media Sosial Akun Facebook AFJ terhadap Gerakan AFJ Mempetisi Mcdonald’s Indonesia dalam Penggunaan Kandang Baterai Ayam Pada Tahun 2016). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Ungu, A., Sumilat, G. D., & Karwur, H. M. 2021. Kajian Faktor Geografi pada Pertumbuhan Usaha Kecil Non Pertanian di Desa Borona dan Desa Tibobo Kabupaten Halmahera Barat. GEOGRAPHIA: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 2(2), 142–149.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 106 times
PDF Download : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.