Pengaruh Kepemimpinan Camat Terhadap Efektifitas Kerja Pegawai (Studi Di Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur)

Dekri Ponamon(1), Marthinus Mandagi(2), Recky H. E. Sendouw(3),


(1) Ilmu Adminisitrasi Negera Universitas Negeri Manado
(2) Ilmu Adminisitrasi Negera Universitas Negeri Manado
(3) Ilmu Adminisitrasi Negera Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan camat terhadap efektivitas kerja pegawai pada kantor kecamatan Kotabunan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan memiliki hubungan signifikan dengan efektivitas kerja pegawai. Kepemimpinan secara simultan berpengaruh pada efektifitas kerja. Hasil penelitian menunjukkan fungsional positif, artinya apabila kepemimpinan ditingkatkan dua kali lipat konstanta maka nilai efektivitas kerja pegawai akan meningkat. Dengan begitu untuk meningkatkan efektivitas kerja pegawai pada Kantor Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur maka perlu dilakukan manipulasi berupa peningkatan kepemimpinan Camat Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.


Keywords


Efektivitas; Karyawan; Kepemimpinan

References


Kambey, D. C. 2006. Landasan Teori Administrasi/Manajemen. Manado: Tri Ganesha Nusantara.

Kotalaha, N., Wawointana, T., & Langkai, J. E. 2021. Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pengambilan Keputusan di Desa Bakun Kecamatan Loloda Kebupaten Halmahera Barat. Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara (JURNAL ADMINISTRO), 2(2).

Lompoliuw, M. M., Mandagi, M., & Mokat, J. E. H. 2018. Kepemimpinan Kepala Dinas (Studi Tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Dinas Pekerjaan Umum & Penataan Ruang Kabupaten Minahasa). Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 19–25.

Pasolong, H. 2012. Teori Administrasi Publik. Yogyakarta: Alfabeta.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Kecamatan

Purwanto, A., & Sulistyastuti, D. R. 2007. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial. Jakarta: Gava Media.

Ranganayakulu, K. C. S. 2005. Organisational Behaviour. New Delhi: Atlantic Publishers & Dist.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 104 times
PDF Download : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.