Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Di SMP Kristen Motoling

Meggy Siwu, J O Raturandang, Ch Rompas

Abstract


Abstrak

Pola pengajaran pada mata pelajaran IPA Terpadu tingkat SMP yang dilakukan di sekolah masih menggunakan metode ceramah.Berdasarkan observasi di SMP Kristen Motoling peserta didik beranggapan bahwa IPA terpadu merupakan pelajaran yang membosankan akibatnya peserta didik tidak termotivasi untuk mempelajari IPA Terpadu dengan baik, sehingga ketuntasan belajar peserta didik masih rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Kristen Motoling tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 29 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa.Peningkatan ketuntasan belajar siswa dapat dilihat dari hasil penelitian yaitu pada siklus I dari 29 siswa hanya 41% siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan nila ≤60.Dan meningkat pada siklus kedua yaitu 93 % siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal Artinya telah memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 80%

Kata kunci :model TTW, ketuntasan belajar siswa, IPA terpadu.

 

 

Abstrak

Patterns of teaching Integrated Science inJunior High School performed are still using lecture method. Based on on the observation in SMP Kristen Motoling, the students assume that Integrated Science is boring subject and it drives the students to have a less motivation to learn Integrated Science well, so the student learning mastery is still low. The purpose of this is to enhance the students learning mastery in learning Integrated Science by applying cooperative learning method think talk write (TTW). This research is an classroom action research where the subject research is students in grade VIII A SMP Kristen Motoling batch 2012/2013 amounting 29 students in the class. This research is conducted into two cycle where each cycle includes planning, action, observation and reflection. The results show that by applying cooperative learning method type TTW can enhance the studnets learning master. Enahancing the students learning mastery can be seen in the result of the research that is in the first cycle of 29 studenst, only 41 % who meet minimum mastery criteria with values ≤60. An it increases in second cycle that is 93% of students who meet the minimum mastery criteria which is meaning that they have met the learning minimum mastery classically, that is 80%

Key words :TTW method, learning, mastery, integrated, science.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.