PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA SMA NEGERI 2 BITUNG

Geraldo M. Luntungan(1), Herry M. Sumampouw(2), Masje Wurarah(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang layak bagi siswa tentang pokok bahasan virus. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan model ASSURE. Langkah-langkah pengembangan multimedia ini terdiri dari 1) Analyze Learners, 2) States Objectives, 3) Select Methods, Media, and Material, 4) Utilize Media and materials, 5) Require Learner Participation, dan 6) Evaluate and Revise. Di tahapan ketiga pengembang menggunakan beberapa software dengan Lectora Inspire 12.0 sebagai software utama untuk menjadikannya antar muka (interface) dengan pengguna. Pada tahapan keenam Utilize Evaluate and Revise dilakukan uji coba produk pengembangan terbatas oleh ahli media pembelajaran dan oleh ahli isi/materi menggunakan angket. Hasil penilaian terhadap prototype media interaktif berbasis komputer (MIBK) oleh ahli media pembelajaran diperoleh kategori tidak layak, perlu direvisi dengan skor persentase sebesar 56,4%. Prototype hasil revisi mendapat penilaian dari ahli media pembelajaran dan diperoleh kategori layak, tidak perlu direvisi lagi dengan skor sebesar 75,5%. Penilaian dari ahli isi/materi diperoleh bahwa prototype memiliki nilai yang sangat bagus dan tidak perlu di revisi dengan skor sebesar 97,5%. Berdasarkan hasil penilaian uji coba ahli, disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk guru dan siswa dalam mempelajari materi Virus di SMA Negeri 2 Bitung.

Kata kunci: ASSURE, Media Interaktif berbasis Komputer, MIBK, Virus


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 314 times
PDF Download : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.