PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INNVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 TOULUAAN

Kerol Lumapow(1), Rudi A. Repi(2), Meity Tanor(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran yang dilakukan khususnya pada materi ajar sistem imun masih didominasi oleh pendidik yang di dalamnya siswa hanya menerima saja materi yang diberikan tanpa mencari tahu sendiri terlebih dahulu, sehingga dalam aplikasi kehidupannya siswa masih sulit untuk memahami materi yang diberikan karena siswa terbiasa hanya menerima saja dan tidak memberdayakan kemampuan mereka dalam mencari suatu masalah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran GI merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kelompok untuk mencari suatu permasalahan yang diperbincangkan dengan mengangkat topik-topik yang luas dalam proses belajar mereka serta masisng-masing kelompok dapat berbagi pengetahuan satu sama lain. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu yang menganalisis pengaruh antara variable X dan variable Y berdasarkan perbedaan hasih pencapaian hasih belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah sampel pada kelas XI IPA1 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan jumlah sampel pada kelas XI IPA2 dengan jumlah siswa 26 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian di analisis dengan uji-t yang menggunakan taraf nyata α = 0,05 dengan data yang diperoleh yaitu thitung= 7,53 sedangkan nilai tTabel = 2,00 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan yaitu model pembelajaran GI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun.

Kata Kunci: Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar, Sistem Imun.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 241 times
PDF Download : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.