IDENTIFIKASI JENIS PAKU (Pteridophyta) MELALUI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 TOMPASO

Tri S. Mokoagow(1), Anatje Lihiang(2), Johan A. Rampengan(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Masalah pembelajaran SMA N 1 Tompaso sering mengunakan pembelajaran konvensional, siswa tidak aktif dalam belajar karena kurang tertarik dengan metode pembelajaran yang digunakan, pembelajaran dengan memanfaatkan alam kurang diterapkan, dilihat dari lingkungan sekitar sekolah terdapat beragam jenis tumbuhan paku dan ini dapat dijadikan tempat belajar bagi siswa. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan JAS sebagai pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh penggunaan pembelajaran pendekatan JAS terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Tompaso. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan sampelnya diambil dari dua kelas dipilih secara acak yaitu Kelas kontrol Xc 25 siswa dan kelas eksperimen Xf 27 siswa. Data penelitian ini berupah hasil belajar dari nilai Pretest dan posttest dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian setelah dilakukan uji t menunjukan bahwa thitung 4.693 > tTabel 1.68 maka H1 diterima dan tolak H0 berarti ada pengaruh pendekatan JAS terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan penggunaan pembelajaran pendekatan JAS meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA N 1 Tompaso.

Kata Kunci: pembelajaran, identifikasi, pteridophyta, JAS


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 292 times
PDF Download : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.