PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 TAGULANDANG

Gethria F. Kabenaran(1), Johan A. Rampengan(2), Emma M. Moko(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIIa SMP Negeri 3 Tagulandang pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup melalui model pembelajaran problem posing. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tagulandang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIa berjumlah 21 orang dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran problem posing. Data diperoleh melalui dokumentasi, observasi dilakukan sebanyak empat kali dan tes akhir pada setiap siklus. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I, siklus II. Masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan pembelajaran dengan satu kali tes akhir siklus. Soal tes tiap akhir siklus berbentuk pilihan ganda dan esei. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yang bersifat deskritif dengan menggunakan rata-rata dan persentase. Pelaksana pembelajaran adalah peneliti, dan sebagai pemberi masukan adalah guru biologi kelas VII. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa nilai rata-rata tes tiap akhir siklus adalah sebagai berikut: nilai dasar adalah 68 atau yang tuntas 47% pada siklus I meningkat menjadi 73,33 dan terjadi peningkatan sebesar 19% menjadi 66% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 77,38% dan terjadi peningkatan sebesar 24% dengan kriteria sangat baik dengan mencapai ketuntasan 90% dari siklus II.

Kata Kunci: model pembelajaran problem posing, hasil belajar


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 129 times
PDF Download : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.