PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LIKUPANG

Anggitha R. Mamuko(1), Eva S. N. Kaunang(2), Femmy H. N. Rogahang(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian didasari adanya masalah dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Likupang, guru kurang dalam memadukan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang cocok berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsawdipadu media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Eqiuvalent Group Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Likupang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 18 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 18 orang. Data menggunakan uji statistik uji beda dua rata-rata (uji t). Hasil uji statistik menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dipadu media audio visual terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Likupang.

Kata kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, Audio Visual, hasil belajar


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 173 times
PDF Download : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.