PEMBUATAN YOGURT DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMA NEGERI 1 TOMBARIRI

Ceacillia Ogi(1), Rantje L. Worang(2), Utari Satiman(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Kurangnya kegiatan praktikum yang dilakukan di sekolah dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode praktikum melalui pembuatan yogurt dan aplikasinya dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA pada materi bioteknologi di SMA Negeri 1 Tombariri. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negei 1 Tombariri yang berjumlah 45 siswa. Sampel yang diambil tediri dari dua kelas yaitu kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas kontrol kelas XII IPA 1 dengan jumlah siswa 22 orang. Analisis data menggunakan statistik uji t yang sebelumnya dilakukan pengujian persyaratan yaitu normalitas data dengan Lilliefors dan homogenitas dengan uji F sehingga dapat dipastikan data yang ada berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan Tabel distribusi t pada α 0,05 maka diiperoleh thitung = 203.75> tTabel = 2.016, yang atinya H0 ditolak sehingga H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pembuatan Yogurt Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA Pada Materi Bioteknologi Di SMA Negeri 1 Tombariri.

Kata kunci: Metode Praktikum, Yogurt, Hasil Belajar, Dan Bioteknologi


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 606 times
PDF Download : 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.