PENGGUNAAN METODE PENEMUAN (DISCOVERY) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII IPA DI SMP NEGERI I LIKUPANG SELATAN

Dumaria Simbolon(1), Eva S. N. Kaunang(2), Harry M. Sumampouw(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menentukan pelaksanan proses pengajaran di sekolah terutama pada kelas yang tepat untuk dapat menciptakan suasana belajar menarik sehingga memudahkan siswa memahami pokok bahasan guna meningkatkan hasil belajar siswa. Pengumpulan data lapangan dilakukan dengan melaksanakan proses pembelajaran menggunakan metode penemuan dengan herbarium sebagai media belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tersusun dari dua siklus yaitu: siklus pertama pada materi tumbuhan paku dan tumbuhan lumut, siklus kedua pada materi tumbuhan biji dimulai sejak bulan April dan Mei 2015. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri I Likupang Selatan. Siklus pertama hasil belajar siswa 62,5% masih di bawah ketuntasan klasikal dan hasil observasi aktivitas siswa rata-rata berada di 85%. Setelah dilaksanakan evaluasi pada siklus kedua, hasil belajar siswa meningkat hingga 100%. Dan hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan 47,5% dibanding siklus pertama. Metode pembelajaran penemuan dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMP Negeri I Likupang Selatan pada materi tumbuhan Lumut, Tumbuhan Paku dan Tumbuhan biji.

Kata kunci: Discovery learning, hasil belajar, Herbarium, Tumbuhan Berbiji, Tumbuhan Lumut, Tumbuhan Paku


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 128 times
PDF Download : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.