PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Meifira M. Senduk(1), Julius H. Lolombulan(2), Johanis C. F. Repi(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal dan karakter siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kristen 1 Tomohon Tahun ajaran 2015/2016, dengan sampel sejumlah 60 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan arsip dokumen nilai akhir matematika SMP untuk kemampuan awal, angket karakter siswa, dan dokumentasi hasil ujian tengah semester genap tahun ajaran 2015/2016. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan berganda yang dilanjutkan dengan analisis korelasi untuk mendapatkan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 51,8% secara signifikan, terdapat pengaruh positif karakter siswa terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 30,7% secara signifikan, terdapat pengaruh positif faktor interaksi kemampuan awal dan karakter siswa terhadap hasil belajar matematika dengan kontribusi sebesar 1,4% secara signifikan, dan tidak terdapat pengaruh positif kemampuan awal, karakter siswa dan faktor interaksi secara bersamaan terhadap hasil belajar matematika.

Kata Kunci: Kemampuan Awal, Karakter Siswa, Hasil Belajar Matematika


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 258 times
PDF Download : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.