PENERAPAN Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 1 Kumelembuai

Monica P. Kasenda(1), Ontang Manurung(2), Vivian E. Regar(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiement Devision (STAD). Penelitian menggunakan metode PTK. Populasi dan sampel yang diambil adalah kelas VII SMP N 1 Kumelembuai. Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada Materi Pecahan. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada pokok pembahasan Menyelesaikan operasi hitung bilangan pecahan termasuk operasi campuran dan dapat melatih peserta didik untuk dapat bekerja sama dengan peserta didik lainnya melalui belajar berkelompok dalam memecahkan masalah dan mempertanggungjawabkan hasil dari tindakan observasi melalui presentasi.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD), Materi Pecahan, Hasil Belajar Siswa


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 189 times
PDF Download : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.