PENGGUNAAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS DARI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Fricilia B. Taghulihi(1), John R. Wenas(2), Ontang Manurung(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Suatu proses pembelajaran sangat diperlukan model atau strategi pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa berpartisipsi aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa tidak mengalami kesulitan untuk mempelajari materi yang diajarkan serta nantinya dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar. Pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Siau Timur belum menerapkan pembelajaran yang aktif dan inovatif, sehingga dilakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe giving question and getting answers untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran aktif tipe giving question and getting answers pada persamaan linear satu variabel lebih tinggi dari KKM. Penelitian ini mengunakan Metode Penelitian Eksperimen terhadap siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Siau Timur. Sampel yang diambil adalah kelas VII A yang terdiri dari 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa yang dikenai model pembelajaran Problem Based Learning memiliki rata-rata nilai hasil sebesar 79,32 dengan persentase ketuntasan kelas 89,18%. Disimpulkan bahwa pembelajaran aktif tipe giving question and getting answers memiliki pengaruh dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan fungsi komposisi dan fungsi invers.

Kata Kunci: Giving Question And Getting Answers, Hasil Belajar, Persamaan Linear Satu Variabel


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 209 times
PDF Download : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.