HUBUNGAN PERAN ORANG TUA SISWA DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KEPRIBADIAN GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Novia P. Leleng(1), Rosiah J. Pulukadang(2), Jorry F. Monoarfa(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Dalam proses belajar dan mengajar peran orang tua sangatlah penting apalagi saat belajar matematika. Baik tidaknya kepribadian seorang guru menurut persepsi siswa juga menjadi bagian yang penting dalam hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran orang tua dan persepsi siswa terhadap kepribadian guru dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Amurang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Amurang yang berjumlah 140 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha dengan bantuan SPSS. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa > sehingga terdapat hubungan positif dan signifikan variabel peran orang tua dengan hasil belajar matematika siswa dan > sehingga terdapat hubungan positif dan signifikan variabel persepsi siswa terhadap kepribadian guru dengan hasil belajar matematika siswa. Karena hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan dengan demikian keseluruhan uji hipotesis ini mendukung penelitian.

Kata kunci: Peran Orang Tua, Kepribadian Guru, Hasil Belajar.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 272 times
PDF Download : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.