PENGARUH SIKAP PADA MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMK NEGERI 3 MANADO

Nova D. Kartika(1), Santje M. Salajang(2), Ontang Manurung(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Sikap Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMK Negeri 3 Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui studi korelasi dengan subjek penelitian siswa Kelas XI AP yang berjumlah 183 siswa kemudian diambil sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data kuesioner. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment. Sedangkan uji realibilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dan teknik korelasi ganda yang dilanjutkan dengan analisis regresi sederhana dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Data hasil belajar matematika diambil dari nilai hasil UTS siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikansi variabel sikap pada matematika terhadap hasil belajar matematika dimana Fhitung sebesar 131,994, sedangkan FTabel 4,02 dengan N = 55 pada taraf signifikansi 5%. Jadi Fhitung lebih besar dari pada FTabel (131,994 > 4,02). Karena hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dan signifikan maka dengan demikian keseluruhan uji hipotesis ini mendukung penelitian.

Kata Kunci: Sikap Pada Matematika, Hasil Belajar Matematika


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 283 times
PDF Download : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.