PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR LOGARITMA SISWA KELAS X SMA KATOLIK THEODORUS KOTAMOBAGU

Bernadet Bernadet(1), Ichdar Domu(2), Altje S. Pangemanan(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Suatu proses pembelajaran sangat diperlukan model atau strategi pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa berpartisipsi aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa tidak mengalami kesulitan untuk mempelajari materi yang diajarkan serta nantinya dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar. Pembelajaran matematika di SMA Katolik Theoderus Kotamobagu belum menerapkan pembelajaran yang aktif, sehingga dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas X A dan X B, tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Katolik Theoderus Kotamobagu yang dipilih 2 kelas yakni X A untuk kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 dan X B untuk kelas kontrol dengan jumlah siswa 25. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping yaitu 79,2 dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 75,44 dengan taraf nyata 0,05. Berdasarkan penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada bahasan logaritma.

Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar, Logaritma


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 353 times
PDF Download : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.