PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PERSEPSI SISWA TENTANG MATEMATIKA (Penelitian Eksperimen di SMP Negeri 1 Langowan)

Herwin Y. Rotti(1), Patricia V. J. Runtu(2), Jorie Emor(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Persepsi buruk tentang matematika masih tertanam dalam benak kebanyakan peserta didik, yang dikonstruksinya melalui pengalaman dan model pembelajaran yang ditawarkan, mengakibatkan mereka phobia belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan persepsi siswa tentang matematika yang mendapat pengalaman belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, Numbered Head Together, dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain satu faktor tiga kategori pada tiga kelas homogen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langowan. Data diperoleh melalui instrumen tes yang diberikan berupa angket persepsi siswa yang telah diberikan skor tiap pilihan jawaban. Pengujian hipotesis dilakukan melalui kesamaan rata-rata skor persepsi siswa pada pelajaran matematika pokok bahasan geometri materi segitiga. Dengan menggunakan uji Anava satu jalan, penelitian ini menolak H0 dan menerima H1. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti mengenai persepsi tentang matematika dari siswa yang mendapat pengalaman belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, NHT, dengan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Persepsi Siswa
ABSTRACT


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 118 times
PDF Download : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.