PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BENTUK ALJABAR (Penelitian di Kelas VIII D SMP N 1 Tondano)

Resita Manambing(1), Ichdar Domu(2), Navel O. Mangelep(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia kelas VIII D SMP Negeri 1 Tondano. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Eksperimen dengan desain penelitian One Shot Case Study (Sugiyono,2014;110). Hasil yang diperoleh atau . maka ditolak. Dengan demikian rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PMRI lebih dari KKM disekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti menarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran PMRI dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tondano. Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru kelas VIII dapat menggunakan model pembelajaran PMRI guna memotivasi siswa dalam belajar Matematika sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Hasil Belajar, Bentuk Aljabar.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 869 times
PDF Download : 428 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.