PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN MATERI IDENTITAS TRIGONOMETRI

Julivky Nelwan(1), James U. L. Mangobi(2), Rosiah J. Pulukadang(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi Identitas Trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel yang diambil adalah kelas XA sebagai kelas uji coba tunggal. Setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TPS maka dilakukan tes akhir.Hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes akhir merupakan data yang digunakan untuk uji normalitas dan uji hipotesis. Uji normalitas dilakukan sebagai syarat untuk uji hipotesis. Hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang diteliti kurang dari 30.Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa skor hasil belajar siswa berdistribusi normal.Uji hipotesis data hasil belajardianalisis menggunakan uji-t satu arah, dengan syarat sampel penelitian berdistribusi normal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TPS memiliki rata-rata nilai hasil sebesar 86,07 dengan persentase ketuntasan kelas 95,23%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS memiliki pengaruh dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XA SMAN 4 Bitung. Dari hal tersebut disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Materi Identitas Trigonometri


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 152 times
PDF Download : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.