PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Megi E. Wuwumbene(1), James U. L. Mangobi(2), Jorry F. Monoarfa(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan design one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Lolak tahun ajaran 2015-2016 semester genap. Sampel Penelitian dipilih kelas VIIIA dengan siswa 21 orang. Data yang diperoleh adalah hasil posttest siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 78.42. Hasil uji normalitas data terpenuhi dimana data tersebut berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang dikenai model Problem Based Learning memiliki rata-rata nilai hasil sebesar 78.42 dengan persentase ketuntasan 90.41%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning lebih dari kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah yaitu 67.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Materi Bangun Ruang Sisi Datar.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 158 times
PDF Download : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.