PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI TURUNAN

Lyke Kaawoan(1), James U. L. Mangobi(2), Jorry F. Monoarfa(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Turunan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian One Group Posttest Design dengan model oneshot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dimembe tahun ajaran 2015-2016 semester genap. Sampel penelitian dipilih kelas XI IPA dengan banyak siswa 22 orang. Data yang diperoleh adalah hasil posttest siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 81,8. Uji normalitas data terpenuhi dimana data tersebut berdistribusi normal. Hasil analisis data dengan taraf nyata 0,05 diperoleh . Nilai hasil statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritis sehingga H0 ditolak dan terima H1. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL melebihi nilai KKM yang diberikan sekolah yaitu 70.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Materi Turunan.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 152 times
PDF Download : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.