PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR

Novlin A. Lakumani(1), James U. L. Mangobi(2), Vivi E. Regar(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Remboken semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas paralel dan sampel dipilih secara acak satu kelas sehingga diperoleh kelas sampel yaitu kelas XI IPS-2 berjumlah 23 siswa dengan materi limit fungsi aljabar. Desain penelitian menggunakan one shot case study. Data diambil dari hasil belajar siswa yang diperoleh dari posttest. Penelitian ini mengunakan metode eksperimen. Adapun hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf nyata 0.05 menunjukkan bahwa siswa yang diterapkan model PBL memiliki rata-rata hasil belajar matematika sebesar 86.52 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL pada pembelajaran materi limit fungsi aljabar lebih dari KKM yang ditentukan sekolah.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Limit Fungsi Aljabar


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 281 times
PDF Download : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.