PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Meiline R. Toar(1), Altje S. Pangemanan(2), John R. Wenas(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Meiline Rifka Toar. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menerima pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Eksperimen ini dilaksanakan pada 2 kelompok siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Langowa tahun ajaran 2016/2017 yang masing-masing kelas terdiri dari 22 siswa dengan menggunakan rancangan Posttest Only Control Group Design. Hasil analisi statistic uji t menunjukkan thitung = 4.429 > tTabel = 2.018, dimana Ho ditolak dan menerima H1, bahwa rata-rata skor hasil belajar matemtika siswa yng menerima pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih dari siswa yang belajar dengan model STAD.   

Kata Kunci: Kooperatif Teams Games Tournament dan Student Team Achievement Division, hasil belajar, persamaan linear satu variabel.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 110 times
PDF Download : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.