PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN RUANG MATERI PRISMA DENGAN ALAT PERAGA BUATAN GURU

Lidia R. Tundunaung(1), Altje S. Pangemanan(2), Treesje A. S. Rembet(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga materi prisma lebih tinggi dari nilai kriteria ketuntasan minimum ( KKM ). Penelitian ini dikategorikan penelitian ekperimen. Sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 26 orang. Dari hasil analisis data uji-t satu sampel pada taraf nyata 0,05 menunjukkan > . Hasil analisis data menyimpulkan bahwa menolak H0 dan menerima H1, Yang menyatakan nilai rata-rata hasil belajar siswa 78.65 lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 65. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada materi prisma dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sehingga lebih dari nilai KKM.

Kata Kunci: Alat peraga, hasil belajar, materi prisma.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 124 times
PDF Download : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.