PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KUBUS SISWA SMP KRISTEN KAKASKASEN

Popy N. Kansil(1), Philoteus E. A. Tuerah(2), Jhon R. Wenas(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ratarata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi kubus dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan sekolah yaitu 70. Sampel penelitian adalah siswa kelas dengan. Uji normalitas data terpenuhi dimana data tersebut berdistribusi normal. Data dari hasil posstes dengan nilai rata-rata = 79,57. Hasil analisis data menyatakan tolak dan terima . Oleh karena itu, disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi kubus dapat mencapai bahkan melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan sekolah.

Kata Kunci: Model Pembelajaran NHT, Hasil Belajar, Materi Kubus.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 112 times
PDF Download : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.