HUBUNGAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI GEOMETRI

Swingli G. mananeke(1), Jhon R. Wenas(2), Oltje T. Sambuaga(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan visualspasial dengan hasil belajar matematika siswa pada materi geometri. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMA Negeri 3 Tondano tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 104 orang, sampel adalah sebanyak 30 orang siswa. Data kecerdasan visual-spasial diperoleh melalui instrumen tes, sedangkan data hasil belajar matematika diperoleh melalui dokumentasi hasil ulangan harian materi geometri di semester genap tahun ajaran 2014/2015 dari guru mata pelajaran matematika di tempat penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi yang dilanjutkan dengan analisis korelasi untuk mendapatkan koefisien determinasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat hubungan positif kecerdasan visual-spasial dengan hasil belajar matematika siswapada materi geometri sebesar 66% secara signifikan.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Geometri, Kecerdasan Visual-Spasial.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 443 times
PDF Download : 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.