Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Model Pembelajaran Langsung pada Operasi Hitung Bentuk Aljabar

Dina Simanjuntak, T.A.S. Rembet, A. Pesik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Langsung pada pembelajaran matematika meteri Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Penelitian ini dikategorikan penelitian eksperimen. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano dan dua kelas yang homogen yaitu kelas VIIIB sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VIIIE sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Group Design. Pada analisis deskriptif rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah 73,16 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung adalah 65,89. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Langsung pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.